Monday, December 16, 2013

Robot Luar Angkasa China Jelajahi Bulan


Reuters/vg
Minggu, 15 Desember 2013 WIB

Edwardchisthoper.blogspot.com - KENDARAAN robot milik China mulai menjelajahi permukaan bulan, beberapa jam setelah China menjadi negara ketiga yang berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasanya di bulan.

Robot penjelajah beroda enam itu diturunkan dari wahana tersebut di dataran vulkanik berdiameter 400 km yang sering disebut Teluk Pelangi.

Diberi nama Kelinci Giok, robot seberat 120 kg ini selama tiga bulan akan mengumpulkan berbagai data tentang tanah dan lapisan di sana.

Robot ini dapat memanjat lereng dengan kemiringan hingga 30 derajat dan bergerak dengan kecepatan 200 meter per jam, demikian menurut perancangnya, Shanghai Aerospace Systems Engineering Research Institute.

Sabtu (14/12) kemarin, wahana luar angkasa China - yang membawa robot itu - berhasil mendarat di belahan utara bulan, yang merupakan pendaratan pertama semenjak 1976.

Pendaratan Chang'e-3, nama wahana tersebut, merupakan langkah terbaru sekaligus ambisi China dalam misi luar angkasa.

Misi luar angkasa ini diluncurkan dari Xichang pada awal Desember lalu.

Nama robot, yang dipilih dari jajak pendapat daring terhadap 3,4 juta responden, berasal dari legenda China tentang kelinci yang hidup sebagai binatang peliharaan Dewi Bulan Chang'e.

Awal Desember lalu, Prof Ouyang Ziyuan mengatakan bahwa misi ini akan melakukan uji coba terhadap teknologi dan juga ingin mengungkap fakta ilmiah.

"Dipandang dari segi talenta, China membutuhkan tim intelektual sendiri yang bisa menjelajahi bulan dan tata surya- ini yang juga menjadi tujuan utama kita."

Sebelumnya, pada Juni 2013, negara ini berhasil mengirimkan tiga astronotnya ke orbit selama 15 hari, antara lain untuk melakukan percobaan ruang angkasa yang penting dalam upaya membangun stasiun ruang angkasa pada 2020.

Teknologi ruang angkasa merupakan salah satu prioritas bagi pemerintahan Presiden Xi Jinping, yang menyerukan China menjadi salah satu negara adidaya di ruang angkasa.

Selain China, India baru-baru ini juga telah memulai misi pesawat luar angkasa menuju Planet Mars. (BBC)

Editor: Asnawi Khaddaf

Sumber : http://www.metrotvnews.com

0 comments:

Post a Comment