Friday, December 13, 2013

Biji Nangka Hambat Penyakit Kanker Kolon

Thumbnail
ANTARA/Ari Bowo Sucipto
Rabu, 11 Desember 2013 WIB

Edwardchristhoper.blogspot.com - Bogor: Biji nangka terbukti bisa menghambat penyakit kanker kolon yang merupakan penyebab kematian kedua di dunia. Demikian hasil riset mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor Umi Kartika Safitri.

"Biji nangka berpotensi sebagai prebiotik karena mengandung polisakarida dan oligosakarida yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan," katanya di Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/12).

Menurutnya, risiko terkena kanker kolon dapat diturunkan dengan cara meningkatkan konsumsi serat makanan, termasuk prebiotik dan probiotik yang biasanya terdapat di susu fermentasi. Sebagai informasi faktor risiko yang berhubungan erat dengan kanker kolon adalah gaya hidup, yaitu pola makan, berat badan, dan aktivitas fisik.

Umi yang mendapat bimbingan Prof Dr Winiati Puji Rahayu menyebutkan biji nangka bersifat prebiotik dan selama ini termasuk bahan pangan yang belum banyak dimanfaatkan masyarakat.

Umumnya, biji nangka dianggap limbah dan tidak dimanfaatkan lebih lanjut. Jika ada yang memanfaatkannya, dan biasanya hanya sekadar direbus atau dibakar.

"Padahal, biji nangka mampu menstimulasi pertumbuhan bakteri "Lactobacillus," tukasnya. (Ant)

Editor: Irvan Sihombing

Sumber : http://www.metrotvnews.com                                                                                           




0 comments:

Post a Comment