Monday, December 30, 2013

Nantinya, Pencairan Cek Dapat Dilakukan dengan Ponsel

Thumbnail
Ilustrasi
Kamis, 26 Desember 2013 WIB

Edwardchristhoper.blogspot.com : Tak lama lagi, nasabah bank dapat memanfaatkan telepon genggam untuk mencairkan cek. Caranya, nasabah cukup memotret cek lalu mengirimkan permintaan tunai secara elektronik. Proses pencairannya hanya perlu dua hari, bukan enam hari seperti biasanya.

Pemerintah Inggris tengah menimbang meminta pendapat soal praktik perbankan terbaru tersebut. Bila disetujui, pemerintah akan menyesuaikan beberapa dasar hukum untuk memberlakukan praktik tersebut.

"Beranjak menuju dunia virtual berarti memberi nasabah pengalaman transaksi yang lebih aman dibanding dengan metode kertas yang sekarang ada," kata Antony Jenkins, Direktur Utama Bank Barclays.

Barclays berencana menggelar proyek percobaan untuk pembayaran cek lewat ponsel pada April 2014. Bila dianggap sukses, pertanyaan lain pun muncul. Bagaimana nasib cabang-cabang bank karena kini nasabah makin banyak beralih ke transaksi perbankan lewat komputer dan ponsel?

Selanjutnya sebuah aturan baru, diberi nama Check 21, diundangkan. Sehingga bank dapat memproses cek secara elektronik dibanding memproses secarik kertas yang harus dibawa kemana-mana.

Pemerintah Inggris meyakini perubahan aturan dalam UU di Inggris terkait praktik itu juga akan mendorong penggunaan cek selanjutnya.

Dewan Pembayaran Inggris mulanya berniat menghancurkan semua metode pembayaran dengan cek pada 2018. Namun mereka terpaksa mengubah sikap karena tentangan publik.

Pada 2012, 10 persen dari semua jenis pembayaran di Inggris yang dilakukan perseorangan dilakukan lewat cek. Sementara 25 persen pembayaran dengan cara itu dilakukan kelompok bisnis.(Bbc)

Editor: Laela Badriyah

Sumber : http://www.metrotvnews.com                                                                                           

0 comments:

Post a Comment